Sang Pemimpin dari Bumi Modangan (Bagian 1)

Pemimpin adalah individu manusia yang menjadi titik pusat pada suatu kelompok (kumpulan manusia) dan memiliki kelebihan atau kemampuan untuk mempengaruhi kelompok tersebut dalam bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan. Sedangkan kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktivitas-aktivitas di dalam kelompok untuk mencapai tujuan dan juga bisa diartikan kemampuan untuk berinteraksi seorang pemimpin ke orang yang dipimpin untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, SMA IT Al-Hikmah Blitar sebagai institusi pendidikan berkewajiban membentuk dan melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan yang amanah serta memiliki integritas tinggi.
Bertempat di Keboen Kopi Karanganyar, desa Modangan kecamatan Nglegok - kabupaten Blitar, 32 siswa calon pengurus OSIS periode 2016/2017 mengikuti Latihan Kepemimpinan, Manajemen Organisasi dan mukhoyyam Al-Quran. Pelatihan kepemimpinan ini sengaja didesain dengan kegiatan mukhoyyam Al-Quran, dengan harapan bisa melahirkan pemimpin masa depan yang dekat dengan Al-Quran dan mampu menginternalisasikan nilai-nilai keislaman secara holistik. Pelatihan yang direncanakan berlangsung selama dua hari satu malam, tanggal 20 21 Muharram 1438 H ini mengambil tema Aku Calon Pemimpin Masa Depan yang Cinta Al-Quran. Upacara pembukaan berlangsung dengan sangat meriah, teriakan yel-yel para peserta Al-Hikmah: Berani, Semangat dan Sukses sebagai jargon selama pelatihan menggema di aula utama De Karanganjar Koffieplantage. Upacara pembukaan resmi dibuka pada pukul 08.00 WIB oleh Waka Kurikulum, Kesiswaan dan SDM, Ustadzah Tri Handayani, S. Pi. Dalam sambutannya, beliau berpesan kepada peserta agar sungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini. Sehingga apa yang menjadi harapan akan bisa terwujud dan apa yang dikhawatirkan tidak terjadi. Ada lima standar kompetensi yang harus dicapai oleh peserta, yaitu: 
1) Ibadah benar (menjaga wudhu; khusyu dan tertib dalam sholat berjamaah; qiyamul lail; membaca Al-Quran dengan khusyu; serta membaca Al-Matsurat dan wirid bada sholat).
2) Akhlak mulia (percaya diri; inisiatif, mandiri, pekerja keras; berani menyampaian nilai kebenaran; rapi dan teratur; menjaga barang miliknya, paham konsep diri dan bersikap baik). 
3) Cinta Al-Quran (tilawah 1,5 juz dan hafalan surat Ar Rahman). 
4) Wawasan luas (siroh Nabi, 5 Khalifah, 10 sahabat, shahabiyah, mengimplementasikan konsep kepemimpinan dan organisasi dengan memahami prinsip amal jamai). 
5) Terampil (sehat dan bugar, mengkonsumsi makanan yang halal dan thoyyib, adab makan sesuai sunnah, menjaga kebersihan, pengembangan diri, kemampuan komunikasi, problem solving dan mengarahkan kelompok, menjalankan organisasi modern dan menjadi pioner penggerak organisasi). Semoga pelatihan ini bisa berjalan dengan sukses…