PILKAOS, Melahirkan Pemimpin Muda yang Cerdas

Pesta demokrasi telah selesai digelar, seluruh tahapan pemilihan ketua OSIS (PILKAOS) telah berjalan secara demokratis, jujur, adil, terbuka dan semangat kebersamaan yang menggembirakan. Untuk pertama kalinya, SMA IT Al-Hikmah Blitar menyelenggarakan pemilihan ketua OSIS periode masa bakti 2016/2017. Hajatan tahunan sebagai upaya regenerasi dan restrukturisasi kepemimpinan ini dilaksanakan pada Senin, 31 Oktober 2016. Ketua komisi PILKAOS, Riffad Febriansyah dari kelas X-A menjabarkan, ada 8 tahapan yang harus diikuti dalam pemilihan tahun ini, yaitu: 1) Sosialisasi peraturan; 2) Pendaftaran bakal calon ketua OSIS; 3) Seleksi administrasi, tes tulis dan wawancara dengan pembina kesiswaan; 4) Penetapan calon ketua OSIS; 5) Pembentukan tim sukses; 6) Debat dan kampanye; 7) Masa tenang; dan 8) Pemilihan serta perhitungan hasil pemilihan. Berdasarkan hasil seleksi, panitia menetapkan 6 calon ketua OSIS, yaitu: Ariza Syakura (X-A), Dika Pratama Syaifuddin (X-A), Muhammad Harits Hilmi (X-A), Annisa Bulan Kirana (X-B), Oktaviana Ayu Andani (X-B) dan Zahrina Aufiya Kamila (X-B).

Disela-sela pemilihan, pembina OSIS, Ustad Miftahul Muin, M. Pd. menuturkan pemilihan ketua OSIS dengan cara yang sama seperti pemilu bertujuan menanamkan sikap demokrasi. Pemilihan seperti ini dilaksanakan sebagai bagian dari pendidikan demokrasi sejak dini. Para siswa mengikuti rangkaian kegiatan, dari debat, orasi visi misi, hingga memilih di bilik suara.

Pemahaman pemilu memang sengaja ditanamkan sejak SMA karena sebagai pemilih pemula, maka siswa diarahkan untuk mengetahui prinsip memilih pemimpin tanpa ada paksaan dan tekanan. Selain itu, pemimpin yang mereka pilih sesuai dengan harapan mereka.

Acara pemungutan suara dimulai tepat pukul 07.30 WIB setelah upacara bendera. Semua petugas sudah ada di TPS, lalu melakukan persiapan. Kemudian, petugas TPS memberikan penjelasan tentang tata cara memberikan suara, kondisi surat suara, dan detail teknisnya. Adapun saat datang ke TPS, siswa wajib berbaris di depan panitia, kemudian menunggu dipanggil oleh petugas. Siswa lalu mendapat surat suara dan langsung masuk ke bilik suara untuk mencoblos.

Satu per satu pemilik hak suara memasuki TPS. Setiap siswa diinstruksikan mengambil kertas suara dan menunggu giliran menggunakan hak pilih. Kertas suara berisi gambar calon ketua OSIS. Sementara setiap calon berada di atas podium sambil meneriakkan yel-yel nomor urut.

Setelah itu, siswa memasukkan surat suara ke dalam kotak suara dengan arahan petugas TPS. Selanjutnya, mereka mencelupkan jari ke tinta biru sebagai tanda telah memberikan hak suara.

Pemilihan berjalan lancar meski saat awal sedikit ada rasa canggung. Namun, setelah berjalan lebih dari 10 menit semua berjalan lancar. Mereka tampak mulai memahami tahapannya.

Tepat pukul 09.00 WIB, komisi pemilihan menyegel kotak suara sebagai tanda pemungutan suara sudah selesai.

Pemungutan suara dilanjutkan dengan penghitungan suara oleh para petugas TPS disaksikan oleh para siswa yang bertugas menjadi saksi. Ada yang berperan sebagai pembuka surat suara sambil melihat kondisi surat suara apakah sah atau tidak. Selain itu, ada juga yang berperan sebagai pencatat hasil suara. Hasil perolehan suara masing-masing kandidat adalah kandidat pertama Ariza Syakura memperoleh 37,5% suara, Dika Pratama Syaifuddin memperoleh 18,75% suara, Muhammad Harits Hilmi memperoleh 31,25% suara, dan ketiga kandidat terakhir memperoleh suara di bawah 7%. Sehingga komisi PILKAOS menetapkan Ariza Syakura sebagai ketua OSIS terpilih, untuk selanjutnya akan dibentuk kepengurusan OSIS, pelantikan dan rapat kerja. Selamat kami ucapkan kepada seluruh warga SMA IT Al-Hikmah Blitar, semoga kedepan akan melahirkan pemimpin muda yang cerdas dan berkualitas. Aamiin.